Laman

Minggu, 21 Juni 2015

KNOWLEDGE MANAGEMENT "BANK MANDIRI"

Pada postingan kali ini saya membahas dengan tema yang berbeda dari blog ini, demi kelancaran tugas Matakauliah Knowledge Management yang saya ambil. :D
Saya akan membahas tentang Knowledge Management yang terdapat dalam "Bank Mandiri", mulai dari sejarah berdirinya, menjelaskan visi dan misi dari perusahaan, struktur jajaran direksi yang menahkodai perusahaan, penjelasan tentang core business (bisnis yang dijalankan oleh Bank Mandiri).
Sedikit penjelasan singkatnya, langsung aja simak materi penjabarannya di bawah ini.

Perkenalkan anggota kelompok kami:
  1. Amin Waluyo (12.11.5830)
  2. Fajar Lutfianto (12.11.5810)
  3. Wikansetya Luhur Pambudi (12.11.5831)
  4. Heru Nurjati (12.11.5835)
  5. Sri Handayani (12.11.5838)
  6. Muhammad Arifin (12.11.5840)
  7. S. Deni Nur P (12.11.6173) saya sendiri :)
  8. Akhid Nuklis A (12.11.6176)


History of Bank Mandiri
Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah, yaitu: Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia yang akan dilebur menjadi Bank Mandiri, dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.


Visi

  • Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif
Misi

  1. Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
  2. Mengembangkan sumber daya manusia professional
  3. Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
  4. Melaksanakan manajemen terbuka
  5. Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan
  6. TIPCE (Trust, Integrity, Professionalism, Customer Focus, Excellence)
Direksi

  1. President Director – Heru Nurjati
  2. Deputy President Director – Wikansetya L Pambudi
  3. Director of Technology & Operation – M Arifin
  4. Director of Treasury & Markets – Fajar Lutfianto
  5. Director of Corporate Banking – Amin Waluyo
  6. Director of Distribution – Sri Handayani
  7. Director of Micro & Bussines Banking – S. Deni Nur P
  8. Director of Consumer Banking – Akhid Nuklis A
About Us

Bank Mandiri memiliki kira-kira 27.907 karyawan, 10.700/ lembar saham,  13.429 ATM Mandiri and  45.986 ATM Partner, memiliki 2.263 kantor cabang, mendapat predikat Kinerja Keuangan "Sangat Bagus" 2009-2013 – info bank, telah mencapai penghargaan Corporate Governance Asia - ICON on Corporate Governance (6 kali berturut-turut), penghargaan 1st Place, Indonesia Best Corporate Secretary Team 2014 via Majalah MIX MarComm, dan masih banyak lagi.

Core Business

  1. Consumer Banking merupakan pelayanan perbankan dari Bank Mandiri yang memiliki berbagai jenis pembiayaan dan layanan perbankan, dengan setoran awal yang ringan.
  2. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan pelayanan yang menyediakan dukungan dan kemudahan bagi aktivitas usaha mikro dan kecil dengan berbagai layanan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan usaha, keperluan investasi, modal kerja dan serbaguna.
  3. Commercial Banking dan Corporate Banking merupakan pelayanan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan perusahaan, Bank Mandiri menyediakan jasa konsultasi, analisis, manajemen, maupun solusi finansial.
  4. Treasury & Financial Institutions menjadikan Bank Mandiri sebagai pemain utama dalam melayani transaksi treasury, mendukung transaksi pasar modal dan mengembangkan jaringan layanan maupun portfolio kantor luar negeri.
  5. GCG (Goog Corporate Governance)
  6. Investor Relation
Implementasi  Knowledge Manajement

  1. Bank Mandiri meluncurkan E-Learning
  2. Mengadakan Seminar Chinese Life Philosophies pada 10 Oktober 2008 di Gedung Mandiri Club Pada tahun 2013 diadakan pelatihan Pegawai
  3. Perbekalan kepemimpinan untuk 400 pimpinan Bank Mandiri dimana Mr. Marshal Goldsmith sebagai pembicara terkenal sebagai pengarang buku “What Got You Here, Won’t Get You There”
  4. Memanfaatkan uang sebesar US$ 130 juta untuk meningkatkan Performa Sistem Bank Mandiri
  5. Bank Mandiri luncurkan Aplikasi mobile mandiri FiestaPoin
Standar Mutu

  1.  Besertifikasi  Manajement Mutu 9001:2000 sejak 23 januari 2007
  2. Call Mandiri Contact Center Meningkatkan kepuasan pelanggan
  3. Penerapan ISO 9001:2000 pada Learning Center Group (LCG) Untuk menjaga konsistensi kualitas training
  4. Mutu Pelayanan tinggi. Terbukti dengan predikat Best Bank in Service    Excellence 2013
Strategi Transfer Knowledge

  1. KM telah diterapkan sejak tahun 2005
  2. Training KM oleh Learning Center
  3. Penghargaan Mandiri Excellence Award (MEA) diselenggarakan setiap tahun
  4. Poin akan dijadikan penilaian MEA
  5. Seminar, menulis dan membuat ide menjadi bagian dalam penerapan KM

APLIKASI/PRODUK BISNIS

  1. Mandiri KTA
  2. Mandiri KPR
  3. Mandiri Tabungan (Mandiri Tabungan Rencana dan Mandiri Kartu Kredit)
Mitra

Mandiri Berkolaborasi dengan AXA Insurance. PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) adalah perusahaan patungan (joint venture) antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (51% saham) dan AXA (49% saham) yang melakukan kegiatan pemasaran produk asuransi melalui kerjasama dengan Bank (bancassurance) yang beroperasi sejak Desember 2003.
Produk Axa-Mandiri Insurance
Solusi Kesehatan

  1. Asuransi Mandiri Kesehatan Prima
  2. Asuransi Mandiri Kesehatan Global
  3. Asuransi Mandiri Jaminan Kesehatan
  4. Asuransi Mandiri Proteksi Kanker
  5. Asuransi Mandiri Hospitallife
  6. Asuransi Mandiri Kesehatan Optima

Solusi Proteksi

  1. Asuransi Mandiri Secure Plan
  2. Asuransi Mandiri Jiwa Sejahtera
  3. Asuransi Mandiri Income Replacement
  4. Asuransi Mandiri Tabungan Rencana
  5. Asuransi Mandiri Proteksi Kanker
  6. Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan
  7. Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan Syariah
  8. Asuransi Mandiri Rencana Sejahtera Syariah Plus
Solusi Umum

  1. AXA Mandiri Properti
  2. AXA Mandiri Mobil
  3. AXA Mandiri Travel
  4. AXA Mandiri RTI-GAP
  5. Asuransi Perlindungan Pembelian & Santunan Tunai Rawat Inap
  6. Asuransi Perlindungan Kartu Kredit
CSR
VISI CSR MANDIRI

  • Membangun masyarakat Indonesia Mandiri melalui program PKBL sebagai inspirasi guna menjadi lembaga keuangan Indonesia yang progresif dan tumbuh bersama Indonesia.

MISI CSR MANDIRI

  1. Menjadi mitra utama terpercaya bagi pengembangan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.
  2. Menjalankan program PKBL yang memperkuat strategi Bank Mandiri dengan governance yang terbaik.
  3. Menjadi bagian strategi komprehensif branding Bank Mandiri sebagai lembaga keuangan bagi semua stakeholders.
FOKUS PROGRAM

  1. Program kemitraan
  2. Program bina lingkungan
PROGRAM BINA LINGKUNGAN

  1. Program kemitraan
  2. Program bina lingkungan

2 komentar:

  1. Tulisan yg bermanfaat mas :) Jadi tau ttg sisi lain dr Bank Mandiri yg performanya sudah terkenal baik. Di sini dijelaskan ttg sisi knowledge managementnya, nambah pengetahuan :))

    BalasHapus
  2. nice gan . info ini sangat membantu . soalnya ane lg kerja di bagian perbankan indonesia . . agan super

    BalasHapus